Powered By Blogger

Pages

Mengenai Saya

Foto Saya
Ciawi, Bogor/Jawa Barat, Indonesia

Sabtu, 07 Juni 2014

Apple Perkenalkan Bahasa Pemrograman Baru untuk iOS dan OS X Bernama Swift


Ajang WWDC menjadi momen bagi Apple untuk mengungkapkan beberapa produk serta kebijakan terbarunya. Setelah secara merilis iOS 8 dan OS  10.10 Yosemite, Apple kini mengungkapkan keberadaan sebuah bahasa pemrograman baru yang digunakan untuk membangun aplikasi iOS dan OS. Bahasa pemrograman tersebut mereka namai sebagai Swift. Bahasa Pemrograman Swift ini diungkapkan dengan tujuan untuk mengganti Objective C yang selama ini digunakan oleh para developer dalam  membangun aplikasi iOS dan OS X. Petinggi Apple, Craig Federighi mengatakan kalau penggunaan bahasa Objective C telah berlangsung selama 20 tahun. Dan saat ini adalah waktunya untuk menggunakan bahasa lain yang tak ada embel-embel C-nya.
Federighi mengatakan kalau kode pemrograman C dan Swift bisa digunakan secara bersamaan. Hal ini pun memberi kemudahan bagi para developer untuk memberikan update terbaru bagi aplikasinya, terutama jika update tersebut ditulis dengan menggunakan kode Swift.
Penggunaan Swift untuk membangun sebuah aplikasi pun disebut Apple bakal memberikan beberapa keuntungan. Apple mengatakan kalau Swift membuat para developer menuliskan kode lebih singkat dibandingkan C. Selain itu, aplikasi berbasis Swift juga diklaim bisa berjalan 93x lebih cepat dibandingkan aplikasi Objective C.


Tanggapan berita :
               
Hal yang akan mengubah pergerakan dunia teknologi kembali dilakukan oleh Apple Corp. Walau belum terbukti secara luas menjadi bahasa pemrograman yang dapat “mengalahkan” Objective C, hal ini tentunya akan semakin menguatkan dan menerbangkan nama Apple Corp. sebagai salah satu perusahaan besar yang mempunyai inovasi tinggi.
Walau inovasi ini tidak secara langsung diperuntukkan untuk para konsumen produknya, tetapi jika memang penggunaan Swift ini lebih baik dari Objective C, bukan tak mungkin inovasi ini akan jauh lebih menguntungkan bagi Apple Corp. dibanding dengan keuntungan yang mereka peroleh dari inovasi terhadap produk (seperti ipad, iphone dsb) mereka. Hal tersebut tentu sangat mungkin karena dengan “membantu” para developer dalam mengembangkan dan membuat aplikasi berarti secara tidak langsung akan mengembangkan fasilistas dari produk Apple yang telah mereka kembangkan. Dan tentunya hal itu akan menjadi penarik minat para konsumen teknologi untuk menggunakan produk dari Apple Corp dan akan sangat menguntungkan Apple Corp.

0 komentar:

Posting Komentar